Asesmen Membaca Permulaan


A. Kisi-Kisi Instrumen Asesmen Membaca Permulaan
Komponen
Ruang Lingkup
Penjabaran Materi
Membaca Permulaan
1. Pemahaman simbol bahasa (huruf) vokal
(a) Identifikasi simbol bahasa (huruf) vokal cetak.
2. Pemahaman simbol bahasa (huruf) konsonan
(a) Identifikasi simbol bahasa (huruf) konsonan cetak

3. Membaca suku kata
(a) Membaca suku kata berpola KV
(b) Membaca suku kata berpola VK
(c) Membaca suku kata berpola KVK
(d) Membaca suku kata berpola KKV
(e) Membaca suku kata berpola VKK


Ket: K= Konsonan V=Vokal
4. Membaca Kata
(a) Membaca kata yang memiliki pola KV
(b) Membaca kata yang memiliki pola VK
(c) Membaca kata yang memiliki pola KKV
(d) Membaca kata yang memiliki pola VKK


Ket: K= Konsonan V=Vokal
5. Membaca Kalimat
(a) Membaca kalimat pernyataan
(b) Membaca kalimat pertanyaan
(c) Membaca kalimat perintah






B. Instrumen Asesmen Membaca Permulaan
Pokok Bahasan
Butir Soal
Kemampuan
Keterangan
Dapat
Belum
1. Pemahaman simbol bahasa (huruf) vokal
a.  Identifikasi simbol bahasa (huruf) vokal cetak.
1.a.1 Siswa diminta untuk membaca huruf vokal cetak kecil:
                a.   a
                b.   i
                c.   u
                d.  e
                e.   o
1.a.2 Siswa diminta untuk membaca huruf vokal cetak kapital:
                a.   A
                b.   I
                c.   U
                d.  E
                e.   O
1.a.3 Siswa diminta untuk menghubungkan huruf vokal cetak kapital dengan huruf vokal cetak kecil :
                a.   a  •                                      • I
                b.   i   •                                      • O
                c.   u  •                                      • E
                d.  e  •                                      • A
                e.   o  •                                      • U





2. Pemahaman simbol
bahasa(huruf) konsonan
a.  Identifikasi simbol bahasa (huruf) konsonan cetak.
2.a.1 Siswa diminta untuk membaca huruf konsonan cetak kecil:
                a.   b
                b.   d
                c.   p
                d.  q
                e.   r
                f.   f
                g.   m
                h.   n
2.a.2 Siswa diminta untuk membaca huruf konsonan cetak kapital:
                a.   B
                b.   D
                c.   P
                d.  Q
                e.   R
                f.   F
                g.   M
                h.   N
2.a.3 Siswa diminta untuk menghubungkan huruf konsonan cetak kapital dengan huruf vokal cetak kecil :
                a.   b  •                                      • P
                b.   d  •                                      • R
                c.   p  •                                      • D
                d.  q  •                                      • B
                e.   r   •                                      • M
                e.   f  •                                      • N
                e.   m •                                      • Q
                e.   n  •                                      • F




3. Membaca suku kata.
a.  Membaca suku kata berpola KV
    
3.a.1 Siswa diminta untuk membaca suku kata dibawah ini:
                a.   ba
                b.   do
                c.   pi
                d.  qu
                e.   ke




b.  Membaca suku kata berpola VK

3.b.1 Siswa diminta untuk membaca suku kata dibawah ini:
                a.   ar
                b.   on
                c.   im
                d.  up
                e.   eg




c.  Membaca suku kata berpola KVK

3.c.1 Siswa diminta untuk membaca suku kata dibawah ini:
                a.   cak
                b.   gan
                c.   vas
                d.  man
                e.   bad




d.  Membaca suku kata berpola KKV

3.d.1 Siswa diminta untuk membaca suku kata dibawah ini:
                a.   nya
                b.   ngi
                c.   khe
                d.  nyo
                e.   ngu




e.   Membaca suku kata berpola VKK
3.d.1 Siswa diminta untuk membaca suku kata dibawah ini:
                a.   ang
                b.   ing
                c.   eng
                d.  ikh
                e.   akh




4. Membaca kata
a.   Membaca kata yang memiliki pola KV
4.a.1 Siswa diminta untuk membaca kata dibawah ini:
                a.   baca
                b.   budi
                c.   pagi
                d.  mana
                e.   lari




b.  Membaca kata yang memiliki pola VK
4.b.1 Siswa diminta untuk membaca kata dibawah ini:
                a.   malam
                b.   sulit
                c.   anak
                d.  adik
                e.   aman




c.   Membaca kata yang memiliki pola KKV
4.c.1 Siswa diminta untuk membaca kata dibawah ini:
                a.   nyanyi
                b.   ngopi
                c.   nyuci
                d.  semangat
                e.   khusus




d.  Membaca kata yang memiliki pola VKK
4.d.1 Siswa diminta untuk membaca kata dibawah ini:
                a.   bang
                b.   ping-pong
                c.   bangku
                d.  langka
                e.   ikhwan




5. Membaca kalimat
a.   Membaca kalimat pernyataan
5.a.1 Siswa diminta untuk membaca kalimat dibawah ini:
                a.   budi membaca buku
                b.   ayah sedang minum kopi
                c.   putri bernyanyi di panggung
                d.  adik lari-lari di pinggir pantai
                e.   tadi pagi, budi pergi ke pasar




b.  Membaca kalimat pertanyaan
5.b.1 Siswa diminta untuk membaca kalimat dibawah ini:
                a.   dimana budi membaca buku?
                b.   apa yang sedang ayah lakukan?
                c.   dimana putri bernyanyi ?
                d.  kapan budi pergi ?
                e.   kemana budi pergi ?




c.   Membaca kalimat perintah
5.c.1 Siswa diminta untuk membaca kalimat dibawah ini:
                a.   bacalah tulisan ini!
                b.   pergi dari sini!
                c.   tolong bukakan pintu!
                d.  cepat pulang ke bandung!
                e.   bernyanyilah !










C. Lembar Kerja Siswa Membaca Permulaan
Lembar Kerja Siswa
Nama              :
Kelas               :
  1.     • a          • i           • u          • e          • o

  2.     • A         • I          • U         • E         • O

  3.     a   •                      • I
          i    •                      • O
          u   •                      • E
          e   •                      • A
          o   •                      • U

  4.     • b                        • d          • p          • q          • r           • f          • m        • n

  5.     • B         • D         • P          • Q         • R         • F          • M       • N

  6.     b   •                      • P
          d   •                      • R
          p   •                      • D
          q   •                      • B
          r    •                      • M
          f   •                      • N
          m  •                      • Q
          n   •                      • F

  7.     • ba        • do       • pi         • qu        • ke

  8.     • ar         • on        • im        • up        • eg

  9.     • cak      • gan      • vas       • man     • bad     

10.     • nya      • ngi       • khe.     • nyo.     • ngu

11.     • ang      • ing       • eng      • ikh       • akh

12.     • baca     • budi.   • pagi     • mana   • lari

13.     • malam     • sulit      • anak        • adik        • aman

14.     • nyanyi       • ngopi       • nyuci         • semangat          • khusus

15.     • bang.       • ping-pong           • bangku             • langka            • ikhwan

16.     • budi membaca buku
          • ayah sedang minum kopi
          • putri bernyanyi di panggung
          • adik lari-lari di pinggir pantai
          • tadi pagi, budi pergi ke pasar

17.     • dimana budi membaca buku?
          • apa yang sedang ayah lakukan?
          • dimana putri bernyanyi ?
          • kapan budi pergi ?
          • kemana budi pergi ?

18.     • bacalah tulisan ini!
          • pergi dari sini!
          • tolong bukakan pintu!
          • cepat pulang ke bandung!
          • bernyanyilah !







D. Kisi-Kisi Instrumen Asesmen Membaca Lanjut
Komponen
Ruang Lingkup
Penjabaran Materi
Membaca Permulaan





1. Kemampuan membaca dan memahami konten / isi dari bacaan
(a) Membaca dan menjelaskan sekilas tentang isi bacaan.
2. Kemampuan menjawab dan menjelaskan konten / isi bacaan.
(a) Menjawab dan menjelaskan pertanyaan pada bacaan.


E. Instrumen Asesmen Membaca Lanjut
Pokok Bahasan
Butir Soal
Skor
Keterangan
1. Kemampuan membaca dan memahami konten / isi dari bacaan
a.   Membaca dan menjelaskan sekilas tentang isi bacaan.

1.a.1 Bacalah teks bacaan berikut dengan cermat! Kemudian jelaskan isi bacaan dengan singkat!


2. Kemampuan menjawab dan menjelaskan konten / isi bacaan.
a.   Menjawab dan menjelaskan pertanyaan pada bacaan.

2.a.1 Bacalah teks bacaan berikut dengan cermat! Kemudian jawab pertanyaan dibawah nya.






F. Lembar Kerja Siswa Membaca Lanjut
Lembar Kerja Siswa
Nama              :
Kelas               :
  I.     Bacalah teks bacaan berikut dengan cermat! Kemudian jelaskan isi bacaan dengan singkat!
Dinda              :           Ali, Apakah kamu sudah mengerjakan PR Bahasa Indonesia yang diberikan guru? Aku lupa mengerjakan PR tersebut. Apakah aku boleh melihat milikmu?
Ali                    :           Boleh, ini lihat Saja.
Guru datang...
Guru                :           Anak-anak, minggu lalu Ibu memberikan PR kepada kalian bukan? Hari ini PR itu dikumpulkan ya. Sudah selesai kan???
Murid               :           Sudah bu guru..
Guru sedang memeriksa PR, tiba-tiba..
Guru                :           Dinda dan Ali, kemari!!!
Dinda dan Ali datang
Guru                :           Hayo ngaku (dengan tutur yang lembut), siapa diantara kalian yang mensontek PR yang Ibu berikan???
Ali                    : Dinda Bu. Tadi pagi Dinda menceritakan kalau dia lupa tidak mengerjakan PR, Saya kasihan jadi saya tolong Bu.
Guru                :           Niat kamu ingin membantu teman itu sangat bagus Ali, tapi kali ini tidak tepat. Tidak baik memberikan contekan kepada teman. Dan kamu Dinda, kenapa kamu tidak mengerjakan PR? Dan Kamu malah menyontek punya teman.
Dinda              :           Maaf bu, Saya benar-benar lupa kalau ada PR Bahasa Indonesia. Maaf bu.
Guru                :           Baik ibu maafkan, PR kamu tidak saya terima ya sekarang. Buat yang baru, kumpulkan besok ke ruangan Ibu. Oke? Kalian boleh kembali ke tempat duduk.


II.     Bacalah puisi berikut dengan cermat! Kemudian jawab pertanyaan dibawah nya!
Senja di Sore Hari

Oh indahnya melihat senja di sore hari
Memancarkan sinar merah berderai
Menandakan pergantian alam 
Dari siang dan malam

Oh indahnya senja di sore hari
Kilaunya menerangi siang sebelum malam
Menandakan kekuasaan Tuhan penguasa alam
Oh indahnya senja di sore hari
Karya: Mei Rukmana

1. Tema puisi di atas ialah..
a. Takjub
b. Senang
c. Riang
d. Kekecewaan

2. Puisi di atas menunjukan waktu pada...
a. Pagi hari
b. Siang hari
c. Sore hari
d. Malam hari 

3. Kata “memancarkan” pada kalimat kedua memiliki sinonim dengan kata...
a. memiliki
b. mengeluarkan
c. menunjukkan
d. memastikan

4. Kata “karya” pada puisi di atas menunjukkan arti, kecuali...
a. Pencipta
b. Penulis
c. Pengarang
d. Pembaca

5. Bagaimana membacakan puisi di atas?
a. Penuh semangat
b. Dibacakan dengan intonasi yang rendah
c. Dibacakan dengan penuh perasaan takjub
d. Datar saja




Comments

Popular posts from this blog

KI-KD KURIKULUM 2013 (K13) PKh / SLB