A. Kisi-Kisi Instrumen Asesmen Membaca Permulaan
Komponen
|
Ruang
Lingkup
|
Penjabaran
Materi
|
Membaca Permulaan
|
1. Pemahaman simbol bahasa (huruf)
vokal
|
(a) Identifikasi simbol bahasa (huruf) vokal cetak.
|
2. Pemahaman simbol bahasa (huruf)
konsonan
|
(a) Identifikasi simbol bahasa
(huruf) konsonan cetak
|
|
3. Membaca suku kata
|
(a) Membaca suku kata berpola
KV
(b) Membaca suku kata berpola
VK
(c) Membaca suku kata berpola KVK
(d) Membaca suku kata berpola
KKV
(e) Membaca suku kata berpola
VKK
Ket: K= Konsonan V=Vokal
|
|
4. Membaca Kata
|
(a) Membaca kata yang memiliki
pola KV
(b) Membaca kata yang memiliki
pola VK
(c) Membaca kata yang memiliki
pola KKV
(d) Membaca kata yang memiliki
pola VKK
Ket: K= Konsonan V=Vokal
|
|
5. Membaca Kalimat
|
(a) Membaca kalimat pernyataan
(b) Membaca kalimat pertanyaan
(c) Membaca kalimat perintah
|
B. Instrumen Asesmen Membaca Permulaan
Pokok
Bahasan
|
Butir Soal
|
Kemampuan
|
Keterangan
|
|
Dapat
|
Belum
|
|||
1. Pemahaman simbol bahasa (huruf) vokal
a. Identifikasi simbol bahasa (huruf) vokal cetak.
|
1.a.1 Siswa diminta untuk membaca
huruf vokal cetak kecil:
a. a
b. i
c. u
d. e
e. o
1.a.2 Siswa diminta untuk membaca
huruf vokal cetak kapital:
a. A
b. I
c. U
d. E
e. O
1.a.3 Siswa
diminta untuk menghubungkan huruf vokal cetak kapital dengan huruf vokal
cetak kecil :
a. a • • I
b. i • • O
c. u • • E
d. e • • A
e. o • • U
|
|||
2. Pemahaman simbol
bahasa(huruf) konsonan
a. Identifikasi simbol bahasa (huruf) konsonan cetak.
|
2.a.1 Siswa diminta untuk membaca
huruf konsonan cetak kecil:
a. b
b. d
c. p
d. q
e. r
f. f
g. m
h. n
2.a.2 Siswa diminta untuk membaca
huruf konsonan cetak kapital:
a. B
b. D
c. P
d. Q
e. R
f. F
g. M
h. N
2.a.3 Siswa
diminta untuk menghubungkan huruf konsonan cetak kapital dengan huruf vokal
cetak kecil :
a. b • • P
b. d • • R
c. p • • D
d. q • • B
e. r • • M
e. f • • N
e. m • • Q
e. n • • F
|
|||
3. Membaca suku kata.
a. Membaca suku kata berpola KV
|
3.a.1 Siswa diminta untuk membaca suku
kata dibawah ini:
a. ba
b. do
c. pi
d. qu
e. ke
|
|||
b. Membaca suku kata berpola VK
|
3.b.1 Siswa diminta untuk membaca suku
kata dibawah ini:
a. ar
b. on
c. im
d. up
e. eg
|
|||
c. Membaca suku kata berpola KVK
|
3.c.1 Siswa diminta untuk membaca suku
kata dibawah ini:
a. cak
b. gan
c. vas
d. man
e. bad
|
|||
d. Membaca suku kata berpola KKV
|
3.d.1 Siswa diminta untuk membaca suku
kata dibawah ini:
a. nya
b. ngi
c. khe
d. nyo
e. ngu
|
|||
e. Membaca suku kata berpola VKK
|
3.d.1 Siswa diminta untuk membaca suku
kata dibawah ini:
a. ang
b. ing
c. eng
d. ikh
e. akh
|
|||
4. Membaca kata
a. Membaca kata yang memiliki pola KV
|
4.a.1 Siswa diminta untuk membaca kata
dibawah ini:
a. baca
b. budi
c. pagi
d. mana
e. lari
|
|||
b. Membaca kata yang memiliki pola VK
|
4.b.1 Siswa diminta untuk membaca kata
dibawah ini:
a. malam
b. sulit
c. anak
d. adik
e. aman
|
|||
c. Membaca kata yang memiliki pola KKV
|
4.c.1 Siswa diminta untuk membaca kata
dibawah ini:
a. nyanyi
b. ngopi
c. nyuci
d. semangat
e. khusus
|
|||
d. Membaca kata yang memiliki pola VKK
|
4.d.1 Siswa diminta untuk membaca kata
dibawah ini:
a. bang
b. ping-pong
c. bangku
d. langka
e. ikhwan
|
|||
5. Membaca kalimat
a. Membaca kalimat pernyataan
|
5.a.1 Siswa diminta untuk membaca kalimat
dibawah ini:
a. budi membaca buku
b. ayah sedang minum kopi
c. putri bernyanyi di panggung
d. adik lari-lari di pinggir pantai
e. tadi pagi, budi pergi ke pasar
|
|||
b. Membaca kalimat pertanyaan
|
5.b.1 Siswa diminta untuk membaca
kalimat dibawah ini:
a. dimana budi membaca buku?
b. apa yang sedang ayah lakukan?
c. dimana putri bernyanyi ?
d. kapan budi pergi ?
e. kemana budi pergi ?
|
|||
c. Membaca kalimat perintah
|
5.c.1 Siswa diminta untuk membaca
kalimat dibawah ini:
a. bacalah tulisan ini!
b. pergi dari sini!
c. tolong bukakan pintu!
d. cepat pulang ke bandung!
e. bernyanyilah !
|
C. Lembar Kerja Siswa
Membaca Permulaan
Lembar Kerja Siswa
Nama :
Kelas :
1. • a •
i • u • e • o
2. • A •
I • U • E • O
3. a • •
I
i • • O
u • • E
e • • A
o • • U
4. • b • d • p • q • r •
f • m • n
5.
• B •
D • P • Q • R • F
• M • N
6. b • • P
d • • R
p • • D
q • • B
r • • M
f • • N
m • • Q
n • • F
7. • ba •
do • pi • qu • ke
8. • ar •
on • im • up • eg
9. • cak •
gan • vas • man • bad
10. • nya •
ngi • khe. • nyo. • ngu
11.
• ang •
ing • eng • ikh • akh
12. • baca •
budi. • pagi • mana • lari
13. • malam • sulit • anak • adik • aman
14. • nyanyi • ngopi • nyuci • semangat • khusus
15. • bang. • ping-pong • bangku • langka •
ikhwan
16. • budi membaca buku
•
ayah sedang minum kopi
•
putri bernyanyi di panggung
•
adik lari-lari di pinggir pantai
•
tadi pagi, budi pergi ke pasar
17. • dimana budi membaca buku?
•
apa yang sedang ayah lakukan?
•
dimana putri bernyanyi ?
•
kapan budi pergi ?
•
kemana budi pergi ?
18. • bacalah tulisan ini!
•
pergi dari sini!
•
tolong bukakan pintu!
•
cepat pulang ke bandung!
•
bernyanyilah !
D. Kisi-Kisi Instrumen Asesmen Membaca Lanjut
Komponen
|
Ruang
Lingkup
|
Penjabaran
Materi
|
Membaca Permulaan
|
1. Kemampuan membaca dan memahami
konten / isi dari bacaan
|
(a) Membaca dan menjelaskan sekilas tentang isi bacaan.
|
2. Kemampuan menjawab dan menjelaskan
konten / isi bacaan.
|
(a) Menjawab dan menjelaskan
pertanyaan pada bacaan.
|
E.
Instrumen Asesmen Membaca Lanjut
Pokok Bahasan
|
Butir Soal
|
Skor
|
Keterangan
|
1. Kemampuan membaca dan memahami
konten / isi dari bacaan
a. Membaca dan menjelaskan sekilas tentang isi bacaan.
|
1.a.1 Bacalah teks bacaan berikut
dengan cermat! Kemudian jelaskan isi bacaan dengan singkat!
|
||
2. Kemampuan menjawab dan menjelaskan
konten / isi bacaan.
a. Menjawab dan menjelaskan pertanyaan pada bacaan.
|
2.a.1 Bacalah teks bacaan berikut
dengan cermat! Kemudian jawab pertanyaan dibawah nya.
|
F.
Lembar Kerja Siswa Membaca Lanjut
Lembar Kerja Siswa
Nama :
Kelas :
I. Bacalah teks bacaan berikut dengan cermat!
Kemudian jelaskan isi bacaan dengan singkat!
Dinda : Ali,
Apakah kamu sudah mengerjakan PR Bahasa Indonesia yang diberikan guru? Aku lupa
mengerjakan PR tersebut. Apakah aku boleh melihat milikmu?
Ali : Boleh, ini lihat Saja.
Guru datang...
Guru : Anak-anak, minggu lalu Ibu memberikan PR kepada kalian
bukan? Hari ini PR itu dikumpulkan ya. Sudah selesai kan???
Murid : Sudah
bu guru..
Guru sedang memeriksa
PR, tiba-tiba..
Guru : Dinda dan Ali, kemari!!!
Dinda dan Ali datang
Guru : Hayo ngaku (dengan tutur yang lembut), siapa diantara
kalian yang mensontek PR yang Ibu berikan???
Ali : Dinda Bu. Tadi pagi Dinda menceritakan kalau dia lupa tidak
mengerjakan PR, Saya kasihan jadi saya tolong Bu.
Guru : Niat kamu ingin membantu teman itu sangat bagus Ali, tapi
kali ini tidak tepat. Tidak baik memberikan contekan kepada teman. Dan kamu
Dinda, kenapa kamu tidak mengerjakan PR? Dan Kamu malah menyontek punya teman.
Dinda : Maaf
bu, Saya benar-benar lupa kalau ada PR Bahasa Indonesia. Maaf bu.
Guru : Baik ibu maafkan, PR kamu tidak saya terima ya sekarang.
Buat yang baru, kumpulkan besok ke ruangan Ibu. Oke? Kalian boleh kembali ke
tempat duduk.
II. Bacalah puisi berikut dengan cermat!
Kemudian jawab pertanyaan dibawah nya!
Senja
di Sore Hari
Oh
indahnya melihat senja di sore hari
Memancarkan
sinar merah berderai
Menandakan
pergantian alam
Dari
siang dan malam
Oh
indahnya senja di sore hari
Kilaunya
menerangi siang sebelum malam
Menandakan
kekuasaan Tuhan penguasa alam
Oh
indahnya senja di sore hari
Karya: Mei Rukmana
1. Tema puisi di atas
ialah..
a. Takjub
b. Senang
c. Riang
d. Kekecewaan
2. Puisi di atas
menunjukan waktu pada...
a. Pagi hari
b. Siang hari
c. Sore hari
d. Malam hari
3. Kata “memancarkan”
pada kalimat kedua memiliki sinonim dengan kata...
a. memiliki
b. mengeluarkan
c. menunjukkan
d. memastikan
4. Kata “karya” pada
puisi di atas menunjukkan arti, kecuali...
a. Pencipta
b. Penulis
c. Pengarang
d. Pembaca
5. Bagaimana membacakan
puisi di atas?
a. Penuh semangat
b. Dibacakan dengan
intonasi yang rendah
c. Dibacakan dengan
penuh perasaan takjub
d. Datar saja
Comments
Post a Comment